Selasa, 09 Juni 2015

Jarvis Store Buat Olshop Semakin Mudah dan Gratis

Begitu banyak bisnis-bisnis di dalam kehidupan kita yang dapat kita tekuni setiap harinya. Mulai dari perlengkapan dapur, rumah tangga, pakaian, elektronik bahkan yang bernilai ekonomis pun dapat kita jual. Bisnis yang sukses dikelola oleh pebisnis adalah murni ketekunan dan keuletan dari sang pendiri bisnis tersebut tetapi banyak juga bisnis yang sedang dikelola oleh beberapa teman ataupun saudara yang berminat dibidangnya. Tetapi ada bisnis kecil-kecilan yang dikelola oleh ibu-ibu rumahtangga atau juga bapak-bapak bahkan orang lain yang hanya sebagai usaha sampingan. Sebagai usaha sampingan maka dikerjakan disamping dari kerjaan utama sehingga jika mulai besar pekerjaan utama akan menjadi dikesampingkan atau sebaliknya, jika usaha sampingan tersebut berjalan tersendat-sendat bahkan merugi maka bisnis tersebut berhenti beroperasi.

Bisnis kecil-kecil ini didominasi oleh kaum ibu-ibu atau perempuan yang memang hobinya berjualan bahkan banyak yang rela ngobrol kesana kemari hanya untuk mendapatkan pembeli atau anak buah (istilah kerennya downline). Bisnis ibu-ibu ini pun cara pemasarannya sangatlah terbatas pada kenalan-kenalan ataupun pada arisan-arisan. Semakin berkembang teknologi maka bermunculanlah toko-toko online yang dulunya memanfaatkan pesan dan grup. Periode awal online shop ditandai adanya BlackBerry dimana pada aplikasi tersebut terdapat BlackBerry Messenger (BBM). BBM ini dimanfaatkan ibu-ibu terutama pada grup chat ataupun pesan untuk obral jualan. 

Semakin hari online shop beralih ke facebook dimana menghasilkan gambar dan keterangan yang lebih bagus. Bahkan aplikasi Messenger lain pun bermunculan dan semakin memperluas online shop. 

Untuk menyalurkan hasrat bisnis perempuan-perempuan wirausaha ataupun wirausaha lainnya maka PT. Mora Pratama Kreasindo menangkap peluang untuk membuka jasa toko online store. Jasa ini dinamai dengan Jarvis Store. Keuntungan dan kelebihan toko online disini yaitu selain mudah tapi terutama gratis.

Mudah...
Hanya dengan Nama toko online, tulis email dan password maka dengan mengklik buka toko sebenarnya toko online shop anda sudah ada dan bisa beroperasi. Tetapi sebagai warganegara yang baik dan untuk lebih percaya pelanggan untuk berbelanja di toko online shop maka diperlukan data-data pribadi seperti Nama Lengkap, Alamat, Nomor Telepon, dan data pribadi lainnya. Setelah diisi semuanya maka proses selanjutnya adalah memilih tampilan online shop anda. Setelah proses ini selesai maka hal selanjutnya adalah masukkan produk yang ingin anda jual. Langkah awal ini pun dapat kita mengklik tanda + di bagian produk. 

Isian untuk penambahan produk ini adalah Nama produk yang diharapkan membuat nama yang wajar dengan menggunakan ejaan yang disempurnakan. Deskripsi disini ditujukan untuk penjelasan produk bisa secara detail ataupun secara spesifik. Di bagian kategori untuk yang gratis diberikan hanya 4 standarnya tetapi hal itu dapat kita tambahkan atau kurangkan ketika ketika tekan tombol edit.
setelah itu kita tentukan merek / vendor dari jualan kita, jika hasil karya tangan kita sendiri dapat ditulis Handmade.

Kemudian kita isi harga jual bahkan harga diskon pun dapat kita buat. Stok barang yang kita punya kita isi pada bagian stok (SKU), yang dilanjutkan dengan keterangan berat (gram) setiap barangnya. Jika mempunyai barcode sebuah produk dan juga variannya maka dapat diisi pada masing-masing isian tersebut. Lanjut kita mengisi gambar agar tampilan / produk menjadi lebih menarik dan usahakan foto yang ditampilkan sesuai dengan kriteria besar filenya yang maksimalnya sekitar 2MB per photo. Semakin banyak photo semakin bagus. 

Jika tidak mengerti tag, meta tag dan lainnya (kepentingan SEO) maka dapat dikosongkan. Setelah itu kita hanya memilih salah satu pilihan berikut: Produk Terlaris atau Produk Baru. Dan terakhir adalah klik Tambahkan. 

Cukup mudahkan, makanya yuk kita buka toko online shop/store kita di Jarvis Store karena gratis selamanya.....


2 komentar: