Jumat, 19 Juni 2015

Klikdokter.com seperti punya dokter pribadi sungguhan

Pernahkah mengalami pada diri sendiri suatu gejala penyakit tetapi tidak tau harus menghubungi siapa, terlebih jika waktunya sudah diatas pkl. 22.00 WIB? Sekarang saya tidak perlu pusing lagi karena sudah ada web dan aplikasi (Android / IOS) yang dapat dipasang di smartphone anda. Apakah namanya? KlikDokter.com namanya. 

KlikDokter.com sebetulnya telah ada sejak tahun 2008 dimana pada saat itu bekerjasama dengan Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Selain itu KlikDokter juga membangun kerjasama dengan Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Konsil Kedokteran Indonesia dan juga yang terpenting adalah Kementerian Kesehatan.

Dengan pengalaman 7 tahun maka KlikDokter.com sudah punya banyak pengalaman menghadapi pasien bahkan jika keadaan gawat darurat dapat langsung ditangani oleh tim dokter dari KlikDokter.com. 

Mari kita luangkan waktu melihat isi dari aplikasi KlikDokter.com yang saya akses pada hari ini tgl. 17 Juni 2015. Tampilan awalnya (Home) sangat sarat informasi baik tentang perkembangan penyakit, hal itu dapat kita lihat di dalam Highlight hari ini yaitu:
Minimalkan Penyebaran sakit kuning akibat Hepatitis A, dan masih banyak lainnya.

Dibawahnya terdapat informasi Tanya Dokter & Live Chat pada hari ini dimulai pkl. 12.30 - 14:30 WIB.

Untuk bagian Rekomendasi dapat dilihat artikel seperti: Kenali pola hidup sehat lewat ?Jakarta Health Week? (hemm.... ada yang aneh nih dengan judulnya) ternyata setelah dibuka jdulnya adalah Kenali pola hidup sehat lewat "Jakarta Health Week". Yang kedua artikel tentang Ini Bahayanya merokok untuk tenggorokan (saat diakses tidak menampilkan berita apapun). Berita yang ketiga adalah cara mengencangkan lengan (dipublish tgl. 16 Maret 2015). Sedangkan berita lainnya adalah Hindari Makanan ini agar lambung tetap sehat (saat diakses tidak menampilkan berita apapun).

Disamping menu Rekomendasi ada menu Berita Kesehatan. Dalam menu ini kita dapat melihat berita yang dibuat oleh klikdokter.com sesuai dengan berita teratas dimana yang terakhir di posting. Selanjutnya ke Profil Sehat, pada menu ini adalah profil orang-orang yang berhasil di wawancarai oleh klikdokter.com contohnya adalah Very Tri Yulisman (saat diakses profil tersebut di publish tgl. 16 Mei 2014 [wahhhh udah setahun nih, nggak diupdate...]).

Tanya Dokter adalah menu selanjutnya yang menampilkan daftar pertanyaan yang diajukan oleh pengguna klikdokter.com. Postingan terakhir Solusi mengatasi kulit berminyak dengan pertanyaan: Saya mau memiliki kulit wajah yang berminyak. Apa yang harus saya lakukan untuk menghilang minyak dengan bahan alami ? Terimakasih. (hmmmm.... kalimatnya ada yang aneh nih). Pada sub menu Answer langsung tertera jawaban yang begitu detil dari awal kalimat simpatik, penyebabnya bahkan langkah-langkah mengatasinya. Sedangkan relatednya dapat kita klik dan ditampilkan yang berhubungan dengan pertanyaan tadi. (Saya menduga kunci yang dipakai related ini belum sinkron dimana saya menemukan masalah kulit tetapi ada artikel tentang kecanduan).

Menu berikutnya adalah promosi obat yang pada saat saya akses menampilkan obat Nyeri Kepala, jika di klik maka akan mengarahkan ke browser untuk membukanya. Sebelahnya ada artikel tentang Hepatitis A tadi. 

Menu selanjutnya adalah menu bagian-bagian yang diasuh oleh dokter-dokter tetap seperti 

  1. dr. Dyah Novita Anggraini (Kesehatan Kewanitaan), 
  2. dr. Indra N. C. Anwar, Sp. OG (Kebidanan & Kandungan), 
  3. Prof. Dr. dr. Bambang Supriyatno, SpA(K) (Tumbuh kembang anak), 
  4. dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD (Diabetes), 
  5. drg. Sri Angky Soekanto, Ph.D. (Gigi & Mulut), 
  6. dr. FiastutiW. MSC. MS. SpGk. (Gizi), 
  7. dr. Muhammad Anwar Irzan (Seks & Andrologi), 
  8. DR. dr. Erni H. Purwaningsih, MS. (Kolesterol), 
  9. dr. Dewi Erna Anindia (Gaya Hidup), 
  10. DR. dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb, SpKK (Kulit Sehat & Kecantikan), 
  11. Dr. Doddy P. Partomihardjo Sp.M (Mata Sehat), 
  12. Prof. dr. Muchlis Ramli, Sp.BK-Onk (Kanker),
  13. dr. Jessica Florencia (Anti Nyeri),
  14. dr. Mega Putri (Pencernaan Sehat),
  15. dr. Anita Amalia Sari (Bebas Anemia),
  16. dr. Yadita Wira Pasra Sp. THT-KL (THT)
  17. dr. Nadia Octavia (Berat Badan Ideal)


Health Tools adalah menu bar bagian bawah dimana menampilkan seperti:

  1. Info P3K, berisi postingan atau article (terakhir di posting bulan Maret yang lalu), disamping menu bantuan hidup ada juga Nomor Penting terdiri dari Ambulans, Dinas Kebakaran dan Polisi.
  2. Kalender Kehamilan dibagi dalam 3 semester yaitu Minggu 1-12 (Semester-1), Minggu ke-13s/d.25 (semester-2) dan minggu ke-26 s/d. 40. Jika kita klik pada setiap minggunya akan ditampilkan informasi dari kehamilan tersebut dengan tipsnya.
  3. Body Mass Index dimana kita dapat menghitung hanya dengan memasukkan tinggi badan dan berat badan secara otomatis menekan next akan tampil berat badan indeksnya beserta keterangannya.
  4. Pengecekan Kalori berfungsi untuk melihat kebutuhan kalori setiap penggunanya dengan memasukkan nama, tanggal lahir, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan dan aktivitas yang dibagi 3: Ringan, sedang dan berat. Jika di klik next akan terlihat hasil kalori yang dibutuhkan saat ini.
  5. Gangguan Bipolar, Gangguan Depresi, Gangguan Ejakulasi Dini dan Gangguan terlalu cemas menampilkan informasi saja apakah arti dari gangguan tersebut. Jika ingin testnya maka kita klik mulai yang ada dibawahnya. Dan jawablah pertanyaannya dengan jujur.


Menu bar selanjutnya adalah Live Chat dan Tanya Dokter. Pada saat saya akses pkl. 13: 27 sedang online adalah dr. Melyana Putri. sedangkan untuk tanya dokter kita harus mengisi tanggal lahir, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, golongan darah, kategori pertanyaan dan pertanyaan yang diajukan. Setelah selesai tinggal klik. 

Pada menu bar Directory akan muncul menu obat, dokter, apotek dan rumah sakit. 

Menu Obat ini diharuskan memilih 2 kategori yaitu: Kondisi Medis atau Kategori Obat, jika kita klik akan muncul display "Memuat Data...". Selanjutnya kita memilih kategori sebanyak 226 termasuk di dalamnya ada kategori "sdfdf" (lucu ada kategori sdfdf). Untuk text box pencarian disarankan dikosongkan saja. Sebagai contoh saya memilih kondisi medis dengan kategori diare maka akan memunculkan 3 hasil yaitu HB VAX II, Infarix-HIB dan Tetagam P.

Menu Dokter ini berguna untuk pencarian dokter di seluruh Indonesia. Cara mencarinya pun mudah, cukup memilih Provinsi, Spesialisisasi, Kategori, Jenis Kelamin dan spesifik pencarian misalnya nama dokter. Pemilihan tersebut boleh diisi lengkap ataupun salah satu diisi. contohnya jika kita hanya mengetahui sekilas nama dokternya "Tigor" maka dapat ditulis dalam kotak pencarian. Saya cukup terkejut juga bahwa dokter yang punya nama Tigor cukup banyak juga ada 18 nama yang muncul.

Pada menu Apotek juga berguna untuk pencarian apotek yang berada di seluruh Indonesia dengan cara memilih provinsinya dan mengisi kotak pencarian dimana harus diisi dengan nama apoteknya.

Pada menu Rumah Sakit juga berguna untuk pencarian Rumah Sakit yang berada di seluruh Indonesia dengan cara memilih provinsinya dan mengisi kotak pencarian dimana harus diisi dengan nama Rumah Sakitnya.


Terakhir adalah Menu bar Other yang menampilkan Slide Show, Video, Infografis ataupun istilah Medis Ato Z. Untuk istilah medis ini sangat membantu sekali bagi orang awam seperti saya.

Yuk kita gunakan KlikDokter.com karena banyak manffat di dalamnya buat mengatasi permasalahan penyakit kita. Harus diingat klikdokter.com harus tersambung ke internet sebab walaupun menunya muncul untuk mengakses informasi tersebut diharuskan adanya internet.

KlikDokter serasa punya dokter pribadi deh... suerrrrr....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar