Senin, 06 April 2015

Dicari pemilik Tafsir Quran Lengkap 30 Juz Cetakan Kedua MCMLXI

Hari itu saya melihat "tukang beling" sedang memilah-milah buku, kertas, koran dan lainnya yang dibuang oleh pemiliknya, karena saya tidak berkeinginan bertanya lebih lanjut akhirnya saya hanya memilih-milih buku bekas yang saya kira masih dapat diperjual belikan di online. Pertama sekali saya hanya memilih buku "Operations Management by Barry Shore" yang saya duga adalah buku yang sangat penting buat Sarjana Manajemen. 



Ketika bertanya berapa penggantinya saya disodorkan sebuah buku yang sangat tebal dengan ketebalan halaman 963 halaman. Buku setebal itu saya lihat sampulnya warna merah hati dan diatasnya tertulis "TAFSIR QURAN" kemudian saya membuka-buka halamannya wah ternyata memakai ejaan lama bukan Ejaan yang disempurnakan. 

Saya kemudian mencari lagi siapa tau ada buku yang "berharga" dan saya menemukan satu buku berjudul Sosiologi - Suatu Pengantar oleh Soerjono Soekanto". Setelah ber-"negoisasi" dengan mereka akhirnya saya bawa buku itu ke rumah. Sesampainya dirumah saya membuka komputer dan mencari di internet melalui google pada pencarian buku, hasil pencarian saya bahwa ketiga buku tersebut sudah tidak diperjualbelikan lagi atau tidak ada versi cetaknya. Setelah itu saya amati untuk Tafsir Quran tersebut yang telah disampulkan kembali ada tulisan "Arvia Nabila /IA SLTP Al Ikhlas - Jakarta". 


Saya telusuri dengan keyword dimaksud dan terdapatlah Arvia ini adalah finalis Gadis Sampul 2005 tetapi dia tidak terpilih menjadi pemenangnya. Lembaran selanjutnya terdapat di pojok atas kiri terdapat stempel "DOKTER GIGI RATAMA SOEBROTO - JL. LENGKONG BESAR. 125. BANDUNG" dan disampingnya yang kemungkinan adalah tulisan beliau menuliskan "Ratama Soebroto".



Buku tafsir Quran ini berisi Naskah Asli - Terjemahan dan Keterangan, dilengkapi dengan 30 Juz. Buku Tafsir Quran ini disusun oleh: H. Zainuddin Hamidy dan Fachruddin Hs. Cetakan buku ini adalah cetakan yang kedua dan dibawahnya terdapat stempel dengan lambang serta tulisan "Pusat Rawatan Rochani Islam - M.B.A.U." Penerbit buku ini adalah "Penerbit Widjaya Djakarta - MCMLXI". Pengantar penerbit yaitu dari H. A. Mali Ismail tertanggal 11 Maret 1959 (1 Ramadhan 1378), Kata Sambutan I dari Sjech Soelaiman Ar Rasoeli Tjandung (Ketua Mahkamah Sjar'ijah Sumatera Tengah) tertanggal 28 Agustus 1956 di Tjandung, Kata Sambutan II dari Sjech Ibrahim Musa Parabek (Dekan Perguruan Tinggi Islam Perguruan Tinggi Islam "DARUL HIKMAH" Bukit Tinggi) tertanggal Agustus 1956 di Parabek - Bukit Tinggi, Kata Sambutan III dari Jang Mulia Injik Hadji Agus Salim pada tanggal Januari 1953 (Rabiu'ul Achir 1372) yang diakhiri dengan kata sepatah dari penyusun pada tanggal September 1955 di Bukittinggi.



Setelahnya terdapat daftar isi yang memuat daftar surat menurut abjadnya dengan halamannya, di lembaran berikutnya terdapat daftar Djuz dengan halamannya. 

Saya tekankan sekali lagi tidak ingin menjualnya jika pemiliknya dokter gigi atau keturunannya mengambilnya dengan disertai dengan bukti bahwa merekalah keturunannya. Atau juga jika memang Arvia Nabila tersebut adalah keturunannya dokter gigi tersebut, tetapi tidak tertutup kemungkinan juga jika museum atau Pusat Rawatan Rochani Islam mengklaim untuk sebagai dokumentasi mereka dengan syarat adanya surat perjanjian.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi lewat email saja di: tigoragustinuss.hkbp@gmail.com

Catatan:
Buku lainnya selain Tafsir Quran yang disebutkan diatas saya jual jika ada yang berminat dan sesuai dengan kesepakatan tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar