Selasa, 17 Maret 2015

Kartu AKU Beda dengan Kartu Belanja Lainnya

Sewaktu lajang saya sering belanja kebutuhan sehari-hari di Alfamart, baik itu minuman ataupun makanan snack sehingga pada suatu waktu saya ditawarkan kartu AKU (AlfamartKu). Saya sempat berpikir apakah ini seperti kartu kredit / kartu Debit??? Saya tanya ke petugas kasirnya diberikanlah penjelasan bahwa kartu AKu adalah:
Adalah kartu member dimana arti member tersebut bagi Alfamart adalah sebutan untuk para pelanggan setia Alfamart, Dan menurut kasirnya pertama kali diluncurkan pada tahun 2005. Dengan Kartu AKU tersebut pasti dapat memperoleh manfaat dan berbagai macam keuntungan serta promo-promo menarik yang diselenggarakan oleh Alfamart dan tidak dapat diikuti oleh pelanggan lain yang bukan merupakan member Kartu AKU. Kartu AKU juga telah berlaku secara Nasional di Alfamart seluruh Indonesia...
Kartu Aku yang Pertama (Basic) adalah khusus untuk member golongan terutama menengah kebawah tetapi tidak menutup kemungkinan golongan mengenah keatas untuk mendapatkeuntungan dan kejutan special dari Alfamart. Oh ya program-program dari Alfamart dapat berupa seperti: HematKu, Kalender Belanja, Specialku dan Hadiahku,serta program ekslusif lainnya.
Member Alfamart ini adalah pelanggan yang memiliki dan bergabung dalam keanggotaan Kartu AKU selain itu ada juga kartu A Card Flazz atau Kartu AKU BNI. Untuk Kartu AKU BNI adalah Merupakan salah satu Kartu Member Alfamart yang di luncurkan pada 1 Januari 2010. Kartu ini adalah merupakan hasil kerjasama antara Alfamart dengan Bank BNI. Kartu AKU BNI merupakan kartu multifungsional, yang selain berfungsi sebagai kartu member, juga berfungsi sebagai alat pembayaran seperti kartu Debit lainnya. Pengguna Kartu AKU BNI juga akan mendapatkan berbagai keuntungan dan kejutan spesial dari Alfamart serta tentunya dapat mengikuti program-program eksklusif khusus member di Alfamart. Tapi sayangnya untuk saat ini, Kartu AKU BNI hanya berlaku di Alfamart Jabodetabek saja... Mudah-mudahan bisa sistemnya seperti Kartu Aku (Basic) yang dapat menjangkau seluruh Nusantara...

selain dua jenis kartu AKU diatas ada satu jenis lagi yang dikeluarkan oleh Alfamart tidak lama berselang setelah peluncuran kartu AKU BNI yaitu Kartu A Flazz. Kartu A Flazz ini Adalah Kartu Member Alfamart yang di luncurkan pada 15 Mei 2010 bekerja sama dengan Flazz BCA, Kartu ini juga berfungsi sebagai kartu member dan dapat juga digunakan sebagai alat pembayaran/transaksi karena A Card Flazz merupakan Kartu Prepaid (kartu non rekening yang dapat menyimpan uang untuk keperluan berbagai transaksi).
A Card Flazz dapat digunakan sebagai alat pembayaran tidak hanya diseluruh outlet Alfamart, Alfamidi ataupun Alfaexpress tetapi juga diseluruh merchant Flazz antara lain restoran, salon, toko buku, parkir, bioskop dan masih banyak lagi. tapi sayangnya (lagi) A Card Flazz hanya berlaku di Jabodetabek, Surabaya dan Bandung.
Nah setelah saya diberikan penjelasan tersebut dengan sangat detil maka saya tertarik untuk mendaftar pada saat itu dengan mengisi Nama, Alamat, Tanggal Lahir, Nomor Telepon dan data lainnya yang tidak saya ingat lagi serta tandatangan.
Yang paling mengherankan adalah kartu tersebut dapat dibawa saat itu juga dan program yang berlaku dari alfamart dapat diklaim saat itu juga...
Satu pesan saya kepada Alfamart yaitu: Semoga Alfamart dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat menengah kebawah dengan memberikan discount-discount khusus dengan cara mensurvey / mendata pelanggannya yang benar-benar membutuhkan bantuan...
Alfamartlah yang memberikan kartu belanja beda dengan kartu belanja lainnya... Karena alasan yang sudah saya sebutkan diatas. Salut deh atas inspirasi kartu belanja tersebut.




Posting ini dimuat ulang untuk blog pribadi dan telah dipublikasikan di kompasiana tgl. 29/10/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar